Did You know !

Kamis, 14 Mei 2009

Belajar Membuat Jaringan Komputer(Part 2)

Cara MenSetting Jaringan Komputer

Sesuai dengan janji saya yang terdahulu (part1)saya akan melanjutkan penulisan tentang cara membuat jaringan computer dan kemarin qta sudah smpe…sampe mana yak.. lupa! Oia Q inget..skrg sampe pemasangan kabel ke switch yach…ok gmana bias kan masukin kabel k switchnya..Cuma di tancapin duank koq..so apa lagi langkah selanjutnya,,nah pada saat qta menancapkan kabel ke switch maka akan muncul gambar sbb:

Setelah itu lakukan penginstalan TCP/IP pada Local Area Network Connection in Network and Dial-Up Connections(untuk mengetahui cara penginstalan klik disini). Setelah jaringan secara fisik terinstal,maka yang harus qta lakukan sekarang adlah mengkonfigurasi IP adress masing-masing komputer sehingga dapat saling terkoneksi. IP addres adlah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.168.70.20.Alamat kelas Ip dibagi menjadi 3 yaitu:

klik disini untuk melihat gambar lebih jelas

IP address kelas A diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar, IP address kelas B biasanya dialokasikan untuk jaringan berukuran sedang dan besar, IP address kelas C digunakan untuk jaringan berukuran kecil (LAN). Seperti yang sudah aq jabarkan kemarin bahwa qta akan mencoba membuat jaringan dengan dengan 30 komputer,maka tipe alamt kelas yang qta pakai adalah tipe kelas C. Ada 2 cara dalam mengkonfigurasi/mensetting ip address yaitu dengan cara automatically dan cara yang manual. Tapi disini aq akan mencoba untuk mempraktikkan cara mensetting IP address dengan cara yang manual (aduh udah ga sabar nich,,ayo donk dimulai..)ok qta mulai aja yach… 1.pastikan kompi kmu dalam keadaan menyala 2. Pastikan juga kabel sudah menancap di switch dan sudah terinstalasi seperti penjelasan diatas tadi 3.Setelah semuanya sudah siap lalu klik Start – Setting – Network Connection,untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

klik disini untuk melihat gambar besar

4. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini,lalu double klik pada icon Local AreaNetwork

klik disini untuk melihat gambar besar

5. Setelah itu double klik lagi pada Internet Protocol (TCP/IP) yang ada di dalam kotak dialog Local Area Connection Properties seperti gambar ini,

klik disini untuk melihat gambar besar

6. Lalu akan muncul kotak dialog baru , Internet Protocol (TCP/IP) Protocol seperti gambar dibawah ,

klik disini untuk melihat gambar besar

7.Lalu klik use the following IP address, dan isikan alamat IP, subnet mask, dan default gateway. Kalau jaringan kmu mempunyai sebuah server DNS, maka kmu dapat mengatur komputer kmu agar memakai DNS dengan mngetiklan alamat-alamat server DNS primer dan sekunder seperti ditampilkan gambar dibawah ,namun DNS sekunder tidak diisi pun tidak apa.

klik disini untuk melihat gambar besar

8. Setelah semuanya selesai diisi lalu klik ok untuk menutup kotak dialog Internet Connection (TCP/IP) Properties. click OK untuk menutup kotak dialog “Local Area Connection Properties”

Yup kita sudah selesai mensetting /memberikan alamat untuk kompi qta lalu selanjutnya apa yg harus qta lakukakan?yang harus qta lakukan skrg adlh,melakukan pengecekan terhadap TCP/IP untuk memastikan bahwa komputer dapat berhubungan ke jaringan dan host TCP/IP yang lain. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan memakai utiliti Ipconfig dan utiliti PING. Dengan Ipconfig, berarti memverifikasi parameter-parameter konfigurasi TCP/IP pada sebuah host, yang meliputi alamat IP, subnet mask, dan default gateway, dari command pormpt. Hal ini bermanfaat dalam menentukan apakah konfigurasi itu diinisialisasi atau sebuah alamat IP duplikat dikonfigurasi.

Kalau utiliti PING untuk menguji konektivitas. Utiliti PING adalah suatu piranti diagnostik yang menguji konfigurasi-konfigurasi TCP/IP dan mendiagnosa kegagalan koneksi. PING memakai pesan-pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request and Echo Reply untuk menentukan apakah host TCP/IP tertentu tersedia dan fungsional. Seperti utiliti Ipconfig, utiliti PING dieksekusi pada command prompt. Dan caranya adlah:

1. klik Start – Run lalu akan muncul gambar, dan isikan alamat ip yang akan dilakukan pengecekan.

klik disini untuk melihat gambar besar

2. Jika didapatkan hasil ping test seperti gambar dibawah (Reply from x.x.x.x ), ini menandakan bahwa jaringan beroperasi dengan normal.

Jika didapatkan hasil ping test (Request timed out), Kemungkinan ada problem di jaringan Lokal.Kemungkinan itu bisa terjadi karena :

  • Konektor kabel jaringan (kabel LAN) terpasang kurang kencang."Kencangkan koneksi pemasangan kabel LAN ke port Hub Ethernet dan ke Card PC LAN"
  • Kabel LAN yang tidak bagus (ada pin-pin koneksi kabel yang putus ditengah) "Ganti dengan kabel LAN lain yang bagus"
  • Port Hub Ethernet yang tidak bagus (longgar atau bad contact) "Coba pindah port"

Huft cape juga yach..Ok untuk hari ini cukup sampai disini saja yach…c u....

31 komentar:

  1. wah bagus bagaimana ya cara mengatasi sinyal yang lemah

    BalasHapus
  2. tks alkin,,
    btw sinyal paan nih,,
    sinyal radio,sinyal hp,sinyal tv,or sinyal otak,,hehe,,
    ok deh nt q buatkan postingannya khusus bwt kmu yak,,,
    tks alkin tas kunjungannya,,

    BalasHapus
  3. anonim>>astgfirrlah!!!
    gunakanlah kata2 yg sopan..
    kata2 anda justru yg tdk bermutu!!

    BalasHapus
  4. kalo bikin jaringan untuk 2 kom aja pake wireless gmn?

    BalasHapus
  5. saya buta TI .. rencananya mau masuk polisi tapi kuliah dulu , mau ambil TI .. terus nanti di suruh buat jarkom sama program .. kira kira kaya gimana yaa?

    BalasHapus
  6. yauda kuliah aj dlw,bwt nambah ilmu..

    BalasHapus
  7. hebat postingnya, mksh....saudaraku

    BalasHapus
  8. good job, moga manfaat amin

    BalasHapus
  9. klo menyeting jaringan cuman 2komputer ajh.... sama car nya kya gitu...........??

    BalasHapus
  10. semoga nh bermanfaat buat qta semua ea

    BalasHapus
  11. celexlah

    BalasHapus
  12. matur nuwun putri,kulo saget blajar nambah ilmu

    BalasHapus
  13. terus untuk komputer servernya gimana caranya....

    BalasHapus
  14. Makasih buat infonya, kebantu deh :)
    Kritik : Mohon buat make huruf b. Indonesia yg bener ya, soalnya kan ini blog yg kayaknya semua orang baca. seperti qta = kita.
    maaf sebelumnya, sekali lagi makasih.

    BalasHapus
  15. klo yg itu aq udah coba siee.
    dag trlalu ngerti..... jga.
    tpi brhasil...

    yg ingi ku tx kan bgmna cara mngtahui ip adress komputer server,, klo kmputer yg kta gunakn itu client..???

    BalasHapus
  16. tlong kasih tau ane langkah langkah persiapan memebuat topologi jaringan mesh sie...
    tlong d bantu yah

    BalasHapus
  17. nice info,
    thanks ya.
    smangat,,,

    BalasHapus
  18. thanks untuk artikelnya bisa menambah ilmu

    BalasHapus