Did You know !

Sabtu, 07 Februari 2009

Mengedit Video Sendiri

mo tw gmn crcnya mengedit video pribadi sendiri?? ini di ambil dr tgs kuliah q,,dr mat kul desaing grafis.. Silakan dcoba y,,,,
BAB I PENDAHULUAN Windows XP memaketkan aplikasi sederhana untuk video editing yaitu Windows Movie Maker. Software program grafis dan media atau biasa disebut dengan software video editing ini biasnya digunakan untuk tingkat pemula. Penggunaan software ini senantiasa memudahkan para penggunanya.Movie maker memiliki 28 efek video dan 60 efek transisi. Windows Movie Maker bukan lagi aplikasi untuk video editing yang dapat dipandang sebelah mata. Kemampuan memoles video dan audio untuk menciptakan karya yang indah dapat di wujudkan olehnya . Satu hal kelebihan dari Windows Movie Maker gampang sekali dalam mengunakannya dan ini keuntungan besar bagi mereka yang masih baru dalam dunia perfilman. Sesudah kita mengimpor video dari camcorder dan supaya video tampil dengan manis dan sedap dipandang, kita perlu memberikan efek-efek tertentu pada video dan transisi agar video tidak monoton saat dilihat. Windows Movie Maker menyediakan berbagai macam efek dan transisi untuk video kita. Namun saking banyaknya bisa jadi kita kebingungan untuk memilih kira-kira efek dan transisi apa saja yang pas untuk video kita. Untungnya Windows Movie Maker membuat Preview Monitor yang dapat menampilkan dan memperlihatkan bagaimana suatu efek atau transisi melakukan aksinya. Selain Windows Movie Maker terdapat software video editing yang yang popular bagi para pakar dan pengguna. Diantaranya adlah Pinacle Studio 9,Ulead Video Studio 8,dan Adobe Premier. Pineacle Studio Versi 9 digunakan untuk tingkat mahir madya. Karena software ini menawarkan proses editing video langkah demi langkah yang mudah dipelajari. Proses Burning yang CD yang sudah terintegrasi didalamnya sehingga tidak diperlukan tool burning yang terpisah. Dan Adobe Premier pro 1.5 biasa digunakan untuk tingkat professional. Software ini merupakan software yang sangat lengkap dan handal. Kemampuan editing yang mudah transisi video sampai pada masalah kompleks filter yang banyak. Dan dalam pembahasan ini kita akan membahas tentang windows Movie Maker. BAB II PEMBAHASAN A. Cara menjalankan Windows Movie Maker Tekan tombol start , All Program , Windows movie Maker Lalu akan muncul tampilan project movie maker dan dalam tampilan tersebut terdapat beberapa kolom:
- Di dalam tampilan tersebut terdapat jendela terpisah antara pane kiri dan pane kanan, dimana pane kanan akan mempengaruhi tampilan pada pane kiri. - Preview monitor sebagai tempat menampilkan klip video danhasil edit video. - Ruang Video Editing digunakan sebagai tempat memadukan klip video, efek Transisi dan suara. Ruang ini terdiri dari dua bagian yaitu: - Storyboard untukmenyajikan prosesedit dalam bentuk edit - Timeline untuk menampilkan proses edit dalam bentuk alur memanjang. B. Mendesain Video dengan Movie Maker Untuk membuat tampilan video agar menjadi lebih menarik dapat dilakukan dengan langkah – langkah berikut ini .
2.1 Mengimpor Rekaman Video dalam Project Untuk mengedit suatu video kita harus memasukkan video/mengimpor video yang kita ingikan dalam suatu project dengan cara:
1. Pilihlah import video yang terdapat dalam pane kiri 2. Pilih drive tempat anda melenyimpan video yang ingin anda edit 3. Lalu klik import, maka video akan secara otomatis berpindah didalam project
2.2 Mengedit Rekaman Video
1. Letakkan klip video kedalam ruang edit. Batasi nilai durasi klip video tersebut dengan menggeser pointer biru sambil melihat video dalam preview monitor. 2. Jangan lepaskan tekanan pada mouse, lalau geser mouse ke kiri sampai tanda pointer. 3. Lepaskan tekanan pada mouse, anda langsung dapat melihat klip video terpotong sesuai durasinya.
2.3 Menggabungkan Klip Video
Pada saat video di impor dalam project,video yang ditampilkan akan terpisah – pisah.Dan cara untuk menggabungkannya adalah: 1. Tekan tombol Shift di Keyboard sambil mengklik semua video klip 2. Klik menu clip >combine 3. Video klip tersebut sudah menjadi video klip tunggal.
2.4 Membuat Gerakan lambat (Slow Motion)
1. Klik klip video yang akan diberi gerak lambat. 2. Klik menu Clip>Video>video effct 3. Maka Movie mker akan menampilkan kotak dialog add or remove video effect. 4. Peda kotak tersebut pilih Slow Down ,Half.klik OK 5. Untuk melihat perbedaannya anda dapat melihatnya pada preview monitor.
2.5 Membuat Transisi antar Klip
1. Letakkan semua kli video ke timeline ,lalu klik menu shiw storyboard yang terletak di timelineuntuk menambahkan transisi. 2. Klik video trantition,lalu pilih jenis efek transisi yang anda inginkan . 3. Lalu drag and drop efek transisi yang anda pilih tadi,dan letakkan diantarakedua klip video yang anda inginkan.
2.6 Membuat Subtitle
1. Letakkan klip video ke timeline, lalu klik menu tools > tiles and Credits. 2. Pilih Add title and selected clip in the timeline,ketiklah teks yang anda inginkan. 3. Klik title animation untuk memilih animatsi huruf yang akan digunakan. 4. Klik change the text font and color untuk mengsatur bentuk teks.
2.7 Membuat Tulisan Bergewak Dari Bawah ke Atas (Credit Scooling)
1. Klik menu tools> Title and Credit lalu pilih at the end of the movie. 2. Ketik teks judul video yang disesuaikan . 3. Setelah itu klik Done,Add the movie. 4. Lakukan drag and drop terhadap file teks judul video ke jendela timeline diakhir klip video.
2.8 Membuat judul Video
1. Membuat judul vvideo 2. Klik menu Tools,Title and Credits. 3. Klik add title and beginning of the movie dalam membuat judul anda dapat meletakkan judul di awal di akhir klip video. 4. Ketikkan nama judul video anda. 5. Untuk memberikan efek animasi pada judul tersebut ,klik change the title animation. 6. Pilih salah satu efek animasi yang diinginkan lalu klik done,add tittle to movie. 7. Lakukan drag pada judul tersebut lalu letakkan sesuai keinginan.
2.9 Menambahkan Music Latar
1. Klik menu file> import into kolecctions,untuk mengambil file music latar. Misalnya lagu taubat dari ar-royyan. Gambar 1.3 mengimpor file lagu 2. Lakukan drag and dropmpada file tersebut ke audio/music pada jendelatimeline. 3. Sesuaikan panjang music dengan latar.
2.1 0 Mengekspor film
1. Klik file >Save Movie Film maka movie maker akan menampilkan jendela sbb: Gambar 1.4 kotak dialog save movie wizard 2. Jika pilihannya My Computer, maka video akan disimpan di dalam hardisk dan dapat dimainkan di computer. Jika ingin membakar vcd/dvd,dapat dipilih dengan Recordable CD. Jika ingin ,engirim file video via E-mail,pilih E-mail. Jika ingin menyimpan file video tersebut ke situs web pribadi, pilih The Web. Jika ingin melihat video buatan melalui monitor LCD di camcorder pilih DV camera. 3. Pada kotak enter a file name for your saved movie,ketik koleksi video klip dan pilih folder tempat file berada pada Choose a place to save movie,lalu klik next. 4. Plih best quality for playback on my computer untuk hasil video yang baik.klik next. 5. Maka movie maker menyimpan file video anda ke dalam folder yang anda inginkan. 6. Klik finish untuk mengakhiri proses penyimpananfile video.seketika itu computer memainkan video buatan anda. C. MEMBUAT SLIDE SHOW PADA KOLEKSI FOTO Bagi anda yang suka mengumpulkan foto – foto misalnya,foto fans,foto kegiatan – kegiatan anda,foto ilmiah, foto ilmuan dan lain-lain. Biasanya hasil foto tersebut hanya disimpan dikomputer dan dicetak seperlunya saja. Dan yang tidak praktisnya lagi, ketika ingi melihat foto tersebut anda harus menyalakan computer. Masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat koleksi foto yang tersimpan dalam VCD yang dapat ditonton melalui TV bersama keluarga anda. Untuk membuat hal tersebut dapat mengikuti langkah – langkah sbb. 3.1 Membuat slide show pada foto
1. Klik menu file import into collection 2. Pilih folder tempat anda menyimpan foto,lalu pilih foto yang diinginkan dengan menekan tombol shift asmbil mengklik ke badan foto. 3. Letakkan foto – foto tersebut ke dalam timeline lalu tambahkan efek transisi, judul video, music latar dan lainnya sama seperti membuat pada video.
3.2 Melakukan transfer format Video Analog ke Format Digital
Setelah melakukan proses edit berarti anda telah memiliki file berekstensi AVI. Untuk mengubah AVI ke fromat digital(VCD),anda harus melakukan proses kompresi terhadap file tersebut agar dapat dikenal `oleh software pembakar CD Seperti Nero 5.5 Burning ROM. Software yang digunakan untuk proses kompresi dapat digunakan software TEMP GEnc Plus
2.59. Setelah kompresi dilakukan maka langkah selanjutnya adalah membakar CD untuk membuat VCD. Langkahnya adlah sbb.
1. Operaikan software Nero 5.5 2. Pilih compile new CD, klik next 3. Nero akan menampilkan tiga pilihan :Audio + DataCD, video Cd dan create CD from image. 4. Klik video CD,pilih Next 5. Pilih file MPEG yang sudah terbentuk dari hasil konversi pada jendela Video. 6. Klik menu file, pilih write Cd dan tentukan kecepetan pembakaran CD. 7. Tunggu beberapa saat sampai Nero memberitahukan bahwa proses pembakaran telah selesai. 8. Klik ok dan klik Discard untuk kembali ke Nero. 9. Tutuplah Nero 5.5 dengan close. Dan CD siap digunakan.
TUH MUDAH KAN,,,,,,
SELAMAT MENCOBA Y.....

38 komentar:

  1. Mbak putri..
    Tampilan blog nya kurang bagus.
    Klo bisa tulisannya jgn warna hijau.
    Terlalu sakit dilihat mata.
    Saran aja koq
    oce oce..
    ;)

    BalasHapus
  2. ya,,klo gtu kmu pk kcmata hitam ja..
    hahah,,,
    tp klo leo mau leo boleh request koq...
    leo mo nya warna ap????
    heheh..

    BalasHapus
  3. aku suka tipsx
    blh g aku copy?????????
    tapi carax gmna ya?????????
    tell me pleaseeeee!!!!

    BalasHapus
  4. yaa tinggal di blok aj tulisannya..
    trus klik kanan--copy--trus do copy aj di word..
    *gitu aj koq repot..
    hhe,,,

    BalasHapus
  5. mau edit video pake aja cool edit pro, donlodnya disini:
    http://rapidshare.com/files/288844309/Cool_Edit_Pro_v_2.0_Full_Crack.rar

    BalasHapus
  6. cara dengan pinacle nya gimana....kasih tau donk....

    kalau bisa kirim ke email gw ya....n skalian di post di blog ni ya...
    bayurambe@yahoo.com

    salam kenal (*_*)

    BalasHapus
  7. Nama.na cakep jua, mana orang.na ?

    BalasHapus
  8. Terimakasih ya...Artikel ini sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  9. Gimana Yach Cranx klu Dapatkan Windows Movie Maker!!

    BalasHapus
  10. tks all...
    dah mw mampir,,,
    @n4hd4>>moviemaker tuh dah bawaan dr windows,,

    BalasHapus
  11. apa nama aplikasi edit video yang bagus

    BalasHapus
  12. Terima ksh...salam kenal dari sy...mantap infonya mas..ditunggu info2nya

    BalasHapus
  13. sooryy ralat....bukan mas seharusnya mbak...( buru buru ketiknya sorryy )

    BalasHapus
  14. waaah mantab nih... baru tau kalo win movie maker bs edit sebegitunya :p

    BalasHapus
  15. log windows 7 ada g ya?

    BalasHapus
  16. sangat membantu :)
    terimakasih :D

    BalasHapus
  17. kk ..klo ngedit video yg bagus , simple pke software apa yahh ???

    BalasHapus
  18. makasii ya mb,, bwt info" nya....... trus mbak p klo mw mengubah file misalkan dri AMV ke 3gp, gmana cranya????...us pake aplikasii ap?????

    BalasHapus
  19. asyiik ... spt nya bisa deh ,,
    tRmKsH YA ........ mMmMuUah '''*

    BalasHapus
  20. like....
    ada tips lain g??
    bagaimana sih cara kita bisa merasakan video agar mendapatkan hasil editing yang mempunyai nilai seni yang tinggi..?

    BalasHapus
  21. software yang bisa buat ngedit video tuch apa aja sih??
    selain windows movie maker??

    ok thanks..:D

    BalasHapus
  22. infonya bgus2.. jazaakillah ukhti..

    BalasHapus
  23. tks all...ats komennya,,sering2 mampir yach,,,^^

    BalasHapus
  24. tulisan.a ngrusak mata jngan warna kuning harusnya warna hijau

    BalasHapus
  25. makasih infonya.. sekarang tugas b.indonesiaku sudah selesai berkat infonya mbak

    BalasHapus
  26. sorry saya mau tanya,adobe premiere sama final cut pro x ,bagus mana ya?

    BalasHapus
  27. seperti yang lain: sip

    BalasHapus
  28. Infonya bagus dan menarik...
    Tapi tulisannya terlalu ruwet...
    Sorry cuma ngasih saran aja...
    :)

    BalasHapus
  29. bagus juga infonya

    BalasHapus
  30. Syukron Ukhti Putri....lanjutkan, walau satu ayat semoga bermanfaat..

    Wassalamualaikum. Wr.Wb

    BalasHapus
  31. nggak ada gambarnya sulit dimengerti

    BalasHapus
  32. tulisannya bagus...mungkin bisa ditambahkan gambar biar kita yang baca lebih mudah mengerti

    BalasHapus
  33. Lihat blog ini bikin sakit mata aja. Jangan harap gue mampir ke blog ini, masak untuk mbaca aja mata harus melotot. Lebih enak kalau backgoundnya berwarna natural (putih atau kelabu)

    BalasHapus
  34. Terima kasih..content yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  35. kug gx muncul gmbr.ny ..?
    cuma suara

    BalasHapus