Did You know !

Kamis, 05 November 2009

Tentang E-Commerce

Semalam put3 baru saja mempelajari tentang E-Commerce dan skarang put3 ingin berbagi kepada tmn2 blogger tentang apa sih e-commerce itu. Mungkin bagi tmn2 yg sering main-main di dunia maya sudah tidah asing lagi dengan kata2 ini E-Commerce atau biasa disebut dengan bisnis online,online shopping dsb.
A.Pengertian E-Commerce
ElectronicCommerce=Comercial/Transaksi/Bisnis/Jual-Beli.
eCommerce= Proses jual-Beli atau transakasi yang dilakukan dengan kedua pihak (penjual dan pembeli) yang dilakukan dengan media Elektronic.Proses komersial menggunakan media elektronik sebenarnya sudah berkembang sejak tahun 1970 dan 1980, adapun contoh nya adalah Electronic Data Interchange(EDI tahun 1970) dan Electronic Fund Transfer(EFT 1980), perlu temen-temen ketahui bahwa ATM(Auto Teller Machine/Anjungan Tunai Madiri) juga termasuk e-Commerce lho.. selain itu transaksi yg dilakukan teller bank via telp juga masuk sebagai e-commerce. Umumnya orang berfikir e-commerce adalah online shopping - belanja di, membeli barang melalui Web. Terus terang Web shopping / online shopping sebetulnya hanya sebagian kecil sekali dari belantara e-commerce. Web shopping yang termasuk di dalamnya transaksi online stok, men-download software langsung dari web sebetulnya menghubungkan bisnis ke konsumen ini hanya sekitar 20% dari total e-commerce, sedang sebagian besar sebetulnya lebih banyak berupa hubungan dagang bisnis ke bisnis yang memudahkan proses pembelian antar perusahaan-perusahaan.
   Banyak orang berharap supaya dimungkinkan terjadinya transaksi mikro yang memungkinkan orang membayar dalam bentuk recehan -beberapa ribu / ratus rupiah - untuk mengakses content atau game di Internet. Transaksi yang sangat hot di e-commerce untuk barang-barang dagangan di Internet maupun melalui media elektronik lainnya, menurut Simba Information http://www.simbanet.com/ yang merupakan best seller adalah produk komputer, produk konsumer, buku dan majalah, musik dan produk entertainment (audio, video, TV). Bahkan sekarangpun banyak situs2 yg menjual barang2 kebutuhan pribadi atau keluarga seperti kosmetik,sepatu,tas dll.
B.Jenis e-commerce

-Bisnis to Bisnis -Bisnis to Customer
-Bisnis to Government
-Customer to Customer
C.Tujuan dari aplikasi e-commerce
Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc).Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis Model pembayaran : kartu kredit atau transfer.
D. Keuntungan e-Commerce
-Efisiensi
-Online 24 jam
-Interaktif
-Hyperlink
-Non SIUPP
E.Kekurangan E-Commerce 



-Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan. 
-Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
F. Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce
-E-mail dan Messaging 
-Content Management Systems 
-Dokumen, spreadsheet, database 
-Akunting dan sistem keuangan
-Informasi pengiriman dan pemesanan 
-Pelaporan informasi dari klien dan enterprise 
-Sistem pembayaran domestik dan internasional 
-Newsgroup 
-On-line Shopping 
-Conferencing 
-Online Banking

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai e-commerce, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4462/1/upload%20dika.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus